anda disini: Home > Sertifikasi PBJ LKPP

Sertifikasi PBJ LKPP


PROPOSAL PELATIHAN 
PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH LKPP

KATA PENGANTAR

Penyelenggaraan pelatihan bagi sumber daya manusia pengadaan barang/jasa pemerintah (SDM PBJP)dimaksudkan untuk mencetak pengelola pengadaan PBJyangprofesional dan kompeten yang tercermin dari adanya integritas, independensi, dan pemahaman yang komprehensif terhadap substansi kegiatan pengadaan pada barang/jasa yang dibiayai dari APBN dan APBD.

Dalam rangka mewujudkan SDM PBJP yang profesional dan kompeten tersebut, maka kami Lembaga Penyelenggara Pelatihan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJakarta yang telah terakreditasi dengan nomor AKR 044-12.12 tanggal 20 Desember 2012 oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) akan melakukan kegiatan pelatihan PBJ.

VISI

Menjadi lembaga penyelenggara pelatihan yang akan menghasilkan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan tingkat kelulusan tinggi dan memiliki kompetensi dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah.

MISI
   
  1. Membantu peserta pelatihan PBJ meraih sertifikat Nasional Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan menghadirkan instruktur/narasumber yang berpengalaman mengajar PBJ.
  2.    
  3. Menyampaikan materi pelatihan kepada peserta dengan metode pembelajaran yang mudah dipahami sehingga peserta siap an percaya diri dalam menghadapi ujian sertifikasi nasional PBJ.

TUJUAN
   
  1. Mencapai tingkat kelulusan ujian sertifikasi Nasonal di atas 50% setiap kali pelatihan.
  2.    
  3. Menghasilkan sebanyak 500 Ahli Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar sampai dengan tahun 2018.

I. PENDAHULUAN

Dalam kebijakan pembinaan sumber daya manusia di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah, LKPP membuat kebijakan pelatihan barang dan jasa agar pelaksanaan pelatihan dapat menghasilkan tenaga-tenaga pengadaan yangberkualitas. Agar pengadaan barang/jasa pemerintah yang dibiayai dengan APBN/APBD dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien serta lebih mengutamakan penerapan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihak, diperlukan perencanaan, pengembangan dan penyusunan strategi, penentuan kebijakan serta aturan perundangan pengadaan barang/jasa pemerintah yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan lingkungan internal maupun eksternal secara berkelanjutan, berkala, terpadu, terarah dan terkoordinasi. Tidak kalah pentingnya untuk mencapai hal tersebut adalah perlunya didukung oleh tenaga pengadaan yang kompeten.

Pengembangan Sumber daya manusia melalui sebuah pelatihan bukanlah hal yang murah bagi suatu organisasi, dan akan menjadi kerugian besar bagi organisasi bila ternyata biaya yang telah dikeluarkannya tidak memberikan dampak sebagaimana harapan. Kemampuan, ketrampilan yang diharapkan agar peserta pelatihan dapat melaksanakan tugasnya lebih baik setelah sebuah pelatihan tidak tercapai, yang disebabkan jenis maupun materi pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan kompetensi organisasi, penyelenggaraan pelatihan tidak efektif, ataupun manajemen pelatihan tidak memahami tujuan stratejik organisasi.Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar merupakan pelatihan yang dapat memberikan pembekalan awal bagi para peserta untuk mengikuti ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa Tingkat Dasar.

Kurikulum yang diberikan berdasarkan 19 standar kompetensi dalam rangka memahami Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 serta perubahan pada perpres 70 tahun 2012. Setelah mengikuti Pelatihan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensinya melalui On-job Training di ULP atau dengan metode coaching dengan pihak-pihak yang kompeten dalam pelaksanaan pengadaan khususnya di lingkungan Sekretaris Direktorat Jenderal Binapenta Kementerian Transmigrasi.


II. TUJUAN PELATIHAN

Tujuan Umum Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan tahapan kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah, dan mampu melakukan kegiatan pengadaan yang mempunyai spesifikasi sederhana secara efesien dan efektif.

Tujuan Khusus:

  1. Peserta mampu memahami mengenai gambaran umum pengadaan, prinsip-prinsip dasar, kebijakan umum, kode etik dan dasar hukum/peraturan yang terkait, pihak pihak yang terkait, serta prinsip pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pengadaan barang/jasa.
  2. Peserta mampu memahami persiapan pengadaan barang/jasa mulai dari tahapperencanaan umum, penentuan sistem pengadaan (metode pemilihan, metodepenyampaian dokumen, metode evaluasi pengadaan, pemilihan jenis kontrak),pemilihan metode kualifikasi, penyusunan jadwal pemilihan, penyusunan HPS, dan penyusunan dokumen pengadaan.
  3. Peserta mampu memahami prosedur pelaksanaan Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/ Jasa Lainnya dan Konsultansi.
  4. Peserta mampu memahami pelaksanaan pengadaan barang/jasa dengan cara swakelola.
  5. Peserta mampu mengetahui peraturan pelaksanaan Pendayagunaan Produksi Dalam Negeri dan Usaha Kecil dan peraturan pengadaan barang/jasa dengan dana PHLN.
  6. Peserta mampu memahami kegunaan dan kebutuhan E-Procurement.

III. SASARAN

Sasaran yang diharapkan adalah menghasilkan Ahli-ahli pengadaan yang handal yang dapat memenuhi kebutuhan di lingkungan Sekretaris Direktorat Jenderal Binapenta Kementerian Transmigrasi di dalam melakukan pengadaan barang / jasa, dimana ahli pengadaan yang dimiliki oleh Kementerian Transmigrasi masih kurang.


IV.  STRUKTUR PROGRAM

1. Materi Pelatihan

Sesuai dengan Pelatihan pengadaan barang/jasa tingkat dasardilaksanakan dalam 4 (Empat) hari atau 30 Jam Pelajaran (JP). Kurikulum ini dibuat berdasarkan  kompetensi yang diharapkan dari seorang ahli pengadaan yang sudah ditentukan oleh LKPP. Secara umum, materi kurikulum pelatihan PBJ ini terdiri dari beberapa komponen, yaituJumlah jam pelajaran dari materi diuraikan pada Tabel 1 di bawah ini

Tabel 1. Materi Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa tingkat Dasar 
NoMateri DiklatJumlahJP

Materi Konsep dan Latihan 30
1Pretest dan Building Learning Commitment (BLC) 1
2Pengantar Pengadaan Barang/Jasa4
3Persiapan Pengadaan Barang/Jasa-15
4Persiapan Pengadaan Barang/Jasa-28
5Swakelola,PHLN & Eproc2
6Pelaksanaan Pengadaan Tahap Kualifikasi Sesi  13
7Pelaksanaan Pengadaan Tahap Kualifikasi Sesi  22
8Lanjutan Pelaksanaan Pengadaan sesi 33
9Lanjutan Pelaksanaan Pengadaan sesi 42
10Ujian ahli pengadaan tingkat dasar3
  
2. Metode Pembelajaran


Sesuai dengan tujuan pada pelatihan ini  dan untuk dapat mencapai sasaran secara optimal, metode pembelajaran  yang digunakan adalah participative training. Peserta diharapkan aktif  dan dibimbing untuk dapat aktif berpartisipasi dalam setiap penyampaian materi.  Komunikasi dua arah di kelas (tanya jawab secara bebas terarah, diskusi) keterlibatan peserta dalam pelaksanaan pendidikan dari hari ke hari, pengaturan ruang kelas agar nyaman dan optimal dalam proses belajar mengajar, terbuka dalam menghadapi segala permasalahan yang mungkin timbul baik dalam hal akademis maupun non-akademis dan sebagainya. Pengajar dan koordinator lebih berperan sebagai fasilitator yang akan dapat berperan optimal dengan kerjasama dan partisipasi penuh para peserta.Metode pelatihan yang digunakan dalam pelatihan ini merupakan kombinasi dari teknik-teknik berikut:   
  1. Ceramah dan brainstorming di kelas, dikombinasikan dengan tanya-jawab, diskusi dan latihan. Kegiatan ini terutama untuk materi perkuliahan yang bersifat teori dan konsep. Kegiatan kuliah, ceramah dan diskusi merupakan kegiatan di dalam kelas yang berlangsung pada pagi hingga sore hari.
  2.    
  3. Latihan Soal-soal & Studi Kasus. Setelah menerima materi di setiap modul, akan dilakukan latihan soal berupa Latihan menjawab soal-soal & Studi kasus. dengan harapan peserta dapat mengambil manfaat dalam pengerjaan soal-soal ujian sertifikasi, serta dapat mengaplikasikan secara nyata nanti di pekerjaan.

V.   RENCANA PENYELENGGARAAN

1. PESERTA

Peserta pelatihan dari lingkungan Lembaga, Kementerian, Pemerintah Daerah dan Institusi Pemerintah lainnya serta dari instansi swasta yang memerlukan sertifikasi ahli Pengadaan Barang dan Jasa dalam menunjang tugas pokok dan fungsinya.

2. PENGAJAR/FASILITATOR

Pengajar pelatihan seluruhnya berasal dari pengajar LKPP & pengajar instansi lain yang sudah  mengikuti pelatihan TOT yang diberikan/diselenggarakan oleh LKPP.v

3. JADWAL/WAKTU PELATIHAN

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dan pada hari ke 4 dilakaukan ujian Nasioanl Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Soal-soal dan pengawas ujian di awasi oleh LKPP. Kelas dimulai pukul 08.00 17.00. Lama satu jam pelajaran (JP) adalah 45 menit. Jadwal pelatihan selengkapnya akan kami sampaikan menjelang pelatihan dimulai.

4. TEMPAT PELATIHAN PESERTA

Pelatihan dan ujian sertifikasi Nasional  Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar ini diadakan di gedung Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, Jl. Tebet Barat Dalam 39-41, Jakarta Selatan. Lokasi pelatihan dan ujian tidak jauh dari Pasar Tebet Barat yaitu di Gedung Yayasan Dewi Sartika lantai 3

5. BAHAN AJAR PELATIHAN

Bahan ajar diberikan oleh pengajar sesaat sebelum sesi dimulai. Ada beberapa bahan materi/modul yang sudah ditetapkan oleh LKPP serta didukung dengan Perpres 54 tahun 2010 dan perpres 70 tahun 2012 dan peraturan-peraturan yang terbaru.

6. EVALUASI PESERTA PELATIHAN

Mekanisme penilaian peserta pelatihan, mencakup keberhasilan peserta yang dinilai dari pemahaman pengetahuan melalui pre test, Tes materi 1 s/d 7  dan post test serta evaluasi narasumber. Pre test dilakukan pada saat peserta hadir pada hari pertama sebelum membahas materi secara keseluruhan.


VI. PELAPORAN

Hasil kegiatan akan diberikan berupa laporan penyelenggaraan kepada LKPP dan atau SKPD yang melaksanakan kerja sama dengan LKPM IPWI. Pelaporan disampaikan paling lambat setelah empat belas hari selesai pelatihan dan ujian sertifikasi Nasional.


  PENDAFTARAN HUBUNGI:

  LKPM IPWI - STIE IPWIJA
  -  Jl. Tebet Barat Dalam VI no. 39-41
     Jakarta Selatan 12810
     Telp/Fax 021-83792666

  -  Jl. Letda Nasir no 7 Cikeas Nagrak 
     Kec Gunung Putri Kab Bogor 
     Telp/Fax 021-8233737


  Bp. Juniarto 0812-1016-3798
              WA 0818-0695-7350 

  Ibu Nunung 021-98056228
              WA 0822-2572-6410

  Bp. Bambang 08222-570-5100
              WA 0812-8959-0649

  Bp. Agung 085697364536
              WA 0811-941-943
              BBM 29802BF8  

  Email: admin@lkpmipwi.net






 
contact us<

Kontak via YM

 


jasa pembuatan website termurah





  PENDAFTARAN HUBUNGI:

  LKPM IPWI - STIE IPWIJA
  -  Jl. Tebet Barat Dalam VI no. 39-41
     Jakarta Selatan 12810
     Telp/Fax 021-83792666

  -  Jl. Letda Nasir no 7 Cikeas Nagrak 
     Kec Gunung Putri Kab Bogor 
     Telp/Fax 021-8233737


  Bp. Juniarto 0812-1016-3798
              WA 0818-0695-7350 

  Ibu Nunung 021-98056228
              WA 0822-2572-6410

  Bp. Bambang 08222-570-5100
              WA 0812-8959-0649

  Bp. Agung 085697364536
              WA 0811-941-943
              BBM 29802BF8  

  Email: admin@lkpmipwi.net






 
contact us<

Kontak via YM

 


jasa pembuatan website termurah




2